-->

Cara Membuat Drop Caps Otomatis Untuk Semua Postingan dan Komentar Blog

Hemmmzzz ketemu lagi dengan saya :D
Setelah keliling di rumah mbahku (google) saya menemukan Cara Membuat Drop Caps Otomatis Untuk Semua Postingan dan Komentar Blog jadinya gk usah capek'' dengan tag secara manual :D
Pada awalnya saya bertanya-tanya bagaimana sih membuat huruf pertama itu agar besar, setelah saya carai dengan kata kunci cara membuat huruf depan besar di postingan, wah disini saya mulai tahu klo namanya Drop Caps :D  maklum orang gk makan bangku sekolahan jadinya nggk tau nama dalam bahasa inggrisnya :v
Saya mencoba untuk mencobanya tapi sayang-seribu saya harus dengan tag kode dulu di postingan :/
Nah disni saya mencoba untuk mencari yang otomatis alhasil lagi-lagi tidak memuaskan, hanya bekerja di postingan baru, apa gk cpek kalau begono ^_^
Setelah berjalan-jalan terus dan terus, saya coba saja dengan kata kunci bahasa inggris, loh katanya gk tau bahasa inggris...? kan ada google translate :p <<< jawabannya :v
Akhirnya..... saya menemukan yang benar-benar otomatis dari blog orang luar, bukan hanya untuk postingan saja, tapi untuk komentar juga :D wah jadi seneng sekali :D

Oke langsung saja ya caranya , kebetulan ini sudah saya sesuaikan dengan template saya, besar dari huruf Drop Caps-nya berada di 3 baris tulisan. 3 baris kalau gk salah ya namanya. :D
dan saya edit sedikit dari kode'' syntax-nya, tahu bener apa nggak, tapi buktinya aman'' saja di blog saya, benar kali yah? hehehehe...
http://menutupikekurangan.blogspot.com/2015/02/cara-membuat-drop-caps-otomatis-untuk.html

Caranya Sebgai Berikut:

Buka blog kalian dulu, wajib dan harus klo mau memasangnya :D
Paste CSS ini di atas kode ]]></b:skin>
/* Drop Caps Komentar
----------------------------------------------- */
.capital:first-letter {
float:left;
display:block;
line-height:48px;
font-family:Times,serif,Georgia;
font-size:82px;
padding-top:9px;
padding-right:5px;
}
.capital-komentar:first-letter {
float:left;
display:block;
line-height:20px;
font-family:Times,serif,Georgia;
font-size:40px;
padding-top:10px;
padding-right:5px;
}

Setelah itu cari semua kode <data:post.body/> tambah kode  <div class='capital'> didepannya dan tambah </div> di blakangnya sehingga akan sperti dibawah ini.
<div class='capital'><data:post.body/></div>
Bila tidak berhasil memakai kode di atas ini, ganti dengan dibwah ini
<p class="capital"><data:post.body/></p>
Kalau masih belum bisa, ganti dengan kode ini
<span class="capital"><data:post.body/></span>
Kalau masih tidak bisa, Template kalian memang sudah minta di cek lagi :v
Biasanya dengan kode pertama sudah berhasil :D

Untuk komentar:

Cari lagi kode <data:comment.body/> lalu tambahkan <p class="capital-komentar"> didepannya, dan tambahkan </p> di blakangnya. sehingga akan seperti dibawah ini
<p class="capital-komentar"><data:comment.body/></p>
Lalu klik save template<<< harus/wajib, dan cek blog kalian :D
Sampai disini blog kalian sudah berawalkan huruf besar di pertama huruf postingan dan komentar kalian.
Selamat mencoba :D semoga bermanfaat untuk semua :D

Catatan:
Kode CSS yang saya tandai Merah di atas adalah kode CSS untuk komentar, bila tidak ingin memasang untuk komentar jangan di paste juga di template kalian. begitupun dengan kode Untuk komentarnya.
Dan jika Laman Statis tidak ingin Terkena efeck Drop Caps maka jangan tambahkan <div class='capital'>.......</div> pada <data:post.body/> Laman Statis, kode Laman Statis seperti ini <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'> biarkan saja kode <data:post.body/> dibawah Laman Statis tersebut.
Untuk menambahkan warna tertentu pada Tektnya cukup tambahkan CSSnya kode  color: #000; atau dengan warna yang lain.
dan apabila ada yang bandel tidak bekerja pada postingan yang berawalkan gambar, ganti kode awal postingan kalian dengan <div class='capital'>Huruf pertama postingan</div> sebagai contoh postingan kalian tertulis: Drop Caps...... maka huruf awal adalah "D" jadi kodenya sepeti ini <div class='capital'>D</div>rop Caps......  hanya sebagian saja biasanya, 1-2 postingan :D

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Semoga Bermanfa'at.
Laporkan! Bila Ada Link Download Yang Mati, Admin Akan Secepatnya Memperbaikinya. Makasih ^_^